Penyebab Mata Timbilen

Bintitan

Penyebab mata timbilen – Penyebab mata timbil. Penyakit yang satu ini dapat menyerang siapa saja, mulai anak-anak hingga orang tua. Kasus yang terjadi pada usia dewasa lebih banyak dibanding anak-anak. Tidak ada perbedaan angka kejadian antara wanita dengan pria. Terkadang seseorang sangat mudah mengalami timbilen. Ibaratnya, baru sembuh yang satu, kemudian muncul lagi timbil di tempat yang lain.

Sebenarnya timbilen atau bintitan adalah infeksi pada kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata. Biasanya timbil ini berisi nanah. Bila bertambah besar, akan menyebabkan sulit untuk melihat jelas, karena tidak dapat membuka mata secara optimal. Pada artikel kali ini kami akan menyajikan penyebab penyakit timbilen.

Penyebab mata timbilen:

  • Debu yang menempel pada bulu mata

Penyebab timbil yang pertama adalah debu. Bulu mata adalah bagian paling kotor dari mata karena berfungsi sebagai filter bagi mata. Terkadang kita pun sering lupa membersihkannya sehingga bulu mata menjadi kotor karena debu-debu menempel di situ. Padahal, debu-debu itu tak selalu datang sendirian, karena bisa jadi ditambahi kuman. Nah, kuman inilah yang akan menimbulkan infeksi kelenjar lemak di bulu mata.

  • Metabolisme lemak

Tak heran jika seseorang terkena beberapa kali bintitan, perlu ditanyakan apakah ia terlalu sering minum susu atau makan telur. Sebab, makanan jenis itu menyebabkan metabolisme lemaknya menjadi tidak benar. Di samping itu, dalam satu kelopak mata terdapat sekitar 20 hingga 30 kelenjar lemak, sehingga bisa saja seseorang terkena bintitan secara berulang-ulang pada kelenjar-kelenjar yang berbeda.

Itulah beberapa penyebab mata timbilen, semoga bermanfaat untuk anda.

Penyebab Mata Timbilen | Admin | 4.5