Ciri-Ciri Sel Darah Merah

Gambar sel darah merah

Gambar sel darah merah

Ciri-ciri sel darah merah – Sel darah merah atau eritrosit manusia adalah berbentuk cakram bikonkaf, berdiameter 7-8 µm tebalnya 1-2µm, bersifat elastic, serta tidak memiliki inti (pada eritrosit tua). Di dalam tubuh manusia ada sekitar 30 triliun eritrosit. Jumlah eritrosit pada laki-laki berkisar 4,2 juta-5,4 juta µl, sedangkan pada perempuan berkisar 3,6 juta-5,0 juta µl.

Ciri-ciri sel darah merah

Eritrosit mamalia tidak berinti sehingga tidak memiliki DNA. Eritrosit mamalia berbentuk bikonkaf, yaitu bentuk cakram dengan bagian tengah agak gepeng. Bentuk ini berfungsi untuk mengoptimalkan pertukaran oksigen. Warna eritrosit tergantung pada hemoglobin. Fungsi hemoglobin adalah membantu eritrosit mengikat oksigen (O2 ). Jika hemoglobin mengikat O2 maka eritrosit akan berwarna merah. Jika O2 telah dilepaskan, maka warnanya menjadi merah kebiruan. Hemoglobin tersusun atas protein globin yang terikat pada pigmen heme merah.

Kadar hemoglobin dalam (Hb) darah bervariasi, tergantung pada jenis kelamin dan umur seseorang. Pada kondisi normal, kadar Hb laki-laki dewasa adalah 13-18 gram per 100 ml (g/ml) darah; kadar Hb wanita dewasa adalah 12-16 g/ml darah; sedangkan Hb bayi 14-20 g/ml darah. Oleh karenanya, sulit untuk menentukan nilai standarnya.

Eritrosit juga mengkatalis reaksi antara karbon dioksida dan air karena eritrosit mengandung karbonat anhidrase dalam jumlah besar. Reaksi ini memungkinkan darah bereaksi dengan sejumlah besar karbon dioksida dan mengangkutnya dari jaringan ke paru-paru.

Jumlah eritrosit bervariasi, tergantung jenis kelamin, usia, dan ketinggian tempat tinggal seseorang. Orang yang tinggal di dataran tinggi cenderung memiliki jumlah eritrosit lebih banyak, dibandingkan orang yang tinggal di dataran rendah. Jumlah eritrosit dapat berkurang, misalnya karena luka yang mengeluarkan banyak darah atau karena anemia.

Tubuh kita memerlukan oksigen untuk proses oksidasi makanan guna menghasilkan energy. Oksigen akan diedarkan sampai ke jaringan tubuh melalui pengangkutan oleh darah dalam bentuk ikatan yang mudah lepasa berupa oksihemoglobin. Dalam waktu satu menit, 5 liter darah yang dipompa jantung dapat melepaskan lebih kurang 250 ml oksigen yang terikat pada hemoglobin dan eritrosit. Sebagian kecil oksigen juga diangkut oleh plasma darah. Dari jaringan tubuh, hemoglobin akan mengikat sebagian karbon dioksida dalam bentuk karbominohemoglobin.

Banyak oksigen yang dilepaskan dari Hb seperti nilai di atas, terjadi saat seseorang dalam keadaan istirahat. Aktivitas seseorang akan berpengaruh pada peredaran darah sehingga oksigen yang dilepaskan akan berbeda-beda pula untuk setiap orang.

 

Ciri-Ciri Sel Darah Merah | Admin | 4.5