Cara Mengobati Asam Urat

Cara mengobati asam urat

Cara mengobati asam urat

Cara mengobati asam urat – Penyakit asam urat pada jaman dahulu kala sering dinamai dengan “Penyakit para raja” karena pada jaman dahulu kala hanya seorang raja yang berkesempatan makan dengan menu yang lezat-lezat seperti daging-dagingan dan tentu saja seorang raja yang memiliki banyak anak buah tinggal tunjuk sana-sini, sehingga aktifitas raja sangatlah sedikit. Demikian juga halnya dengan Anda sekarang, terlalu banyak menu berlemak dan kurang beraktifitas membuat peluang resiko terkena asam urat menjadi lebih besar. Semua penyakit termasuk asam urat tentulah ada cara menanggulanginya, kami akan menyajikan cara mengobati asam urat secara alami pada artikel ini. Mari kita simak.

Cara mengobati asam urat dengan sidaguri

Bagian tanaman yang digunakan adalah akar nya. Tumbuhan sidaguri dalam bahasa lain adalah guri, atau siliguri, kahindu, sadagori, otok-otok atau mungkin bitumu. Tumbuhan Sidaguri mengandung beberapa zat yang sangat bagus untuk kesehatan diantaranya adalah asam amino, minyak atsiri, kalsium oksalat, tannin, alkaloid,  saponin, lubrikan, fenol,  zat phlegmatic untuk ekspektoran. Akar tumbuhan Sidaguri mengandung aphredine,steroid dan alkaloid. Tanaman sidaguri memiliki rasa dan aroma manis, agak hangat namun sejuk. Tanaman sidaguri sering digunakan sebagai antiradang, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit secara tradisional.

Cara menggunakannya: Rebus 15-30 gram herba kering atau 30–60 gram herba basah sidaguri dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya, minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Jika menggunakan akar, dosisnya 10– 15 gram.

Cara mengobati asam urat dengan sambiloto

Tanaman obat yang satu ini dahulu berasal dari daerah India. Di negara kita orang desa sering sekali menyebutnya dengan papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Tanaman Sambiloto ini banyak mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya sangat pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman.

Cara mengunakannya: Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Cara mengobati asam urat dengan kumis kucing

Kumis kucing telah lama dikenal sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit, dulunya banyak tumbuh di selokan dan anak sungai, namun sekarang tak sedikit orang yang gemar menanamnya di pekarangan rumah. Garam kalium dalam tanaman ini memang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu. Kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin

glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Cara menggunakannya: Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

Cara mengobati asam urat dengan daun salam

Daun salam dikenal masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak karena memiliki keharuman yang khas yang bisa menambah kelezatan masakan nusantara. Daun salam rasanya kelat dan bersifat astringent. Senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, tannin dan flavonoid banyak terdapat dalam daunnya. Untuk pengobatan memang daunnya lah yang paling banyak digunakan, tetapi akar, kulit dan buahnya pun berkhasiat sebagai obat.

Cara menggunakannya: Rebus 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Itulah beberapa cara mengobati asam urat yang bisa anda coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

loading...
Cara Mengobati Asam Urat | Admin | 4.5