Cara Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka

Bekas luka

Cara menghilangkan bekas luka – Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan trauma pada kulit, seperti luka akibat kecelakaan, jerawat atau eksim. Ada perawatan yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan bekas-bekas luka tersebut. Baik secara alami maupun mengambil langkah medis seperti operasi. Tetapi, terlebih dahulu Anda harus tahu jenis bekas luka mana yang Anda alami agar penyembuhannya lebih maksimal. Ada beberapa jenis jaringan parut yang terjadi setelah kulit mengalami trauma, di antaranya ialah:

  • Bekas luka keloidal

Atau disebut juga bekas luka elevated. Ciri-cirinya warnanya gelap, dan merupakan tumor jinak yang biasanya muncul pada telinga, punggung, bahu dan dada. Sangat sulit untuk menghapusnya karena menempel erat di jaringan kulit.

  • Bekas luka hipertrofik

Ialah bekas yang ukurannya cenderung besar dan warnanya gelap. Biasanya akan menghilang sendiri tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Cenderung menyebabkan rasa gatal.

  • Bekas luka atrofi

Bekas luka ini menciptakan lekukan atau cekungan. Salah satu contohnya ialah jenis jaringan parut stretch mark atau bekas luka akibat cacar air. Anda dapat menempuh beberapa solusi mulai dari menggunakan gel atau cream dari dokter, melakukan operasi atau sinar laser, atau juga menyembuhkannya dengan cara alami.

Cara menghilangkan bekas luka secara alami:

  • Minyak lavender

Aplikasikan dan pijatkan pada bekas luka agar bekasnya memudar. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus telaten sehingga lukanya dapat hilang.

  • Minyak biji rami

Minyak ini dapat ditemukan di setiap toko makanan atau juga apotik. Gosokkan minyak biji rami apda bekas luka yang lama setiap hari. Setelah Anda mandi dan sebelum tidur.

  • Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur yang dicampur dengan almond oil dan jojoba oil merupakan perawatan yang sangat efektif menghilangkan beragam jenis luka.

  • Vitamin K

Oleskan krim topikal yang mengandung vitamin K pada bekas luka. Hasilnya tergantung pada tingkat keparahan bekas luka dan jenis kulit. Untuk dapat melihat hasil maksimalnya Anda harus telaten mengaplikasikannya pada kulit selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Aplikasi krim dilakukan dua kali sehari.

  • Minyak zaitun

Aplikasikan minyak zaitun untuk bekas luka, dua kali sehari. Dalam seminggu seharusnya Anda sudah dapat melihat bekas luka atau stretch mark yang semakin memudar.

  • Madu organik

Madu organik memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan luka, meningkatkan pertumbuhan sel kulit, serta menghilangkan bekas luka. Aplikasikan secara konstan pada kulit sehingga bekas luka memudar.

Tetapi sayangnya ramuan ini tidak disarankan untuk jenis kulit berminyak karena akan semakin membuat kulit kelebihan minyak.

  • Minyak jarak

Aplikasikan minyak jarak pada bekas luka, kemudian bungkus dengan plastik. Biarkan selama 20-25 menit kemudian Anda akan melihat hasil nyatanya dalam waktu seminggu atau lebih.

  • Vitamin E

Gunakan minyak dengan kandungan vitamin E ini untuk menghilangkan bekas luka yang cukup parah. Kuncinya ialah mengaplikasikan dan menggosok perlahan pada bekas luka dengan telaten dan sabar.

Bekas luka serius dapat memakan waktu hingga beberapa bulan sampai hilang. Tetapi, usaha Anda tentunya tidak akan sia-sia karena bekas luka tersebut dapat hilang secara perlahan

Cara Menghilangkan Bekas Luka | Admin | 4.5